Cara Mengobati Hernia Tanpa Operasi

Cara Mengobati Hernia Tanpa Operasi - Apakah anda tengah kesulitan dengan derita turun berok alias hernia? sudah tentu anda ingin segera mengobati penyakit yang satu ini dengan cepat karena sangat mengganggu. Namun agar anda bisa mengambil tindakan yang paling tepat untuk pengobatan hernia anda, sebaiknya kenali dulu hernia. Hernia berasal dari bahasa Latin, herniae, yakni menonjolnya isi suatu rongga melalui jaringan ikat tipis yang lemah pada dinding rongga. Jadi dinding rongga yang lemah itu membentuk suatu kantong dengan pintu berupa cincin. Nah, gangguan ini sering terjadi di daerah perut dengan isi yang keluar berupa bagian dari usus.

Penyakit hernia yang terjadi pada anak-anak, itu lebih disebabkan karena kurang sempurnanya procesus vaginalis untuk menutup seiring dengan turunnya testis atau buah zakar. Namun sementara pada orang dewasa, karena adanya tekanan yang tinggi dalam rongga perut dan karena faktor usia yang menyebabkan lemahnya otot dinding perut.

Adanya penyakit hernia banyak diderita oleh orang yang tinggal didaerah perkotaan yang notabene yang penuh dengan aktivitas maupun kesibukan dimana aktivitas tersebut membutuhkan stamina yang tinggi. Disaat stamina kurang bagus dan terus dipaksakan maka sudah tentu penyakit hernia akan segera menghinggapinya.


 
Berdasarkan terjadinya, hernia dibagi atas dua jenis :

    hernia bawaan (kongenital)
    hernia yang didapat (akuisita)

Berdasarkan letaknya, penyakit hernia dibagi menjadi seperti berikut ini :

    hernia diafragma yaitu menonjolnya organ perut kedalam rongga dada melalui lubang pada diafragma (sekat yang membatasi rongga dada dan rongga perut).
    inguinal
    umbilical yaitu benjolan yang masuk melalui cincin umbilikus (pusar)
    femoral yaitu benjolan di lipat paha melalui anulus femoralis.

Sedangkan menurut sifatnya, maka hernia dibagi sebagai berikut ini :

    reponibel ; bila isi hernia dapat keluar masuk dalam waktu yang singkat.
    hernia irreponibel ; bila isi kantung hernia tidak dapat dikembalikan ke dalam rongga
    strangulata : bila terdapat keluhan nyeri, biasanya karena terjepitnya pembuluh darah
    incarserata : terdapat tanda obstruktif, sperti tidak bisa buang air besar, tidak bisa buang angin dan terdapat nyeri
    hernia akreta ; jika tidak ada keluhan rasa nyeri ataupun tanda sumbatan usus akibat perlekatan tersebut.

Semua Hernia perlu operasi, bahkan Hernia Reponible yang tergolong ringan juga harus dioperasi, namun dapat dijadwalkan, sementara itu Hernia jenis lainnya harus segera dioperasi, itu karena dikhawatirkan akan/sudah menekan pembuluh darah, jaringan syaraf atau jaringan lainnya, jadi dapat mengakibatkan matinya/terganggunya organ tertentu. Dewasa ini operasi banyak disertai pemasangan Mesh/Jaring untuk memperkuat otot, namun sekalipun demikian tidak ada jaminan bahwa Hernia tidak muncul kembali terutama bila faktor penyebabnya tidak dihilangkan.

Sulit untuk mencari Cara Mengobati Hernia Tanpa Operasi, walaupun bisa diterapi dengan menggunakan herbal namun pasien harus benar-benar disiplin agar bisa sembuh total. Simak artikel lainnya di blog ini, misalnya ada Aneka Tips Cara Hidup Sehat Yang Mudah.

0 Response to "Cara Mengobati Hernia Tanpa Operasi"

Posting Komentar