Cara Mengobati Migrain Tanpa Obat

Cara Mengobati Migrain Tanpa Obat -  Sakit kepala sebelah alias migrain memang sangat merepotkan, apalagi jika si migrain datang saat anda tengah sibuk-sibuknya bekerja. Anda bisa saja meminum obat pereda sakit kepala sebelah alias sakit migrain, tapi jika sakit migrainnya terus menerus kambuh walau sudah minum obat? itu tandanya ada yang salah dengan cara hidup sehat anda. Nah, berikut adalah beberapa cara yang harus dilakukan untuk mencegah migrain kumat lagi. Silahkan disimak : 

1. Menghindari pemicu migrain

Salah satu pemicu migrain antara lain adalah rokok (kandungan nikotin dapat mempersempit pembuluh darah di otak), kemudian terlalu banyak berolahraga berat, tertekan atau stres, selain itu juga adanya perubahan pola tidur, termasuk sakit kepala dan leher, bisa juga karena masalah gigi, beberapa jenis makanan tertentu, macam-macam bau-bauan yang menyengat, bahkan sensitif cahaya dan menstruasi.

2. Perhatikan kadar gula darah

Adanya penurunan kadar gula darah dapat memicu migrain karena mengarah pada glukosa yang dilepaskan ke dalam aliran darah, jadi bisa menyebabkan tekanan darah meningkat. Karena itulah makan teratur setiap 4 jam dan jangan lebih dari 12 jam semalam tanpa makanan.

Anda harus memilih makanan dengan indeks glisemik rendah seperti buah-buahan dan sayuran, atau yogurt dan keju rendah lemak. Kemudian hindari makanan dengan GI tinggi seperti roti putih, atau kue kering, aneka minuman manis dan permen.

3. Periksa asupan kafein

Meminum terlalu banyak kafein dapat menyebabkan pembuluh darah di sekitar otak menjadi terlalu terbatas, itu dapat memicu migrain. Jadi lebih dari 300 mg kafein sehari (3 cangkir kopi bubuk atau 5 cangkir instan) dapat menimbulkan masalah. Maka dari itu cobalah mengurangi atau beralih ke minuman tanpa kafein. Waspada, cokelat juga mengandung kafein.



4. Penyedap atau bahan tambahan pangan (BTP)

Tak sedikit orang melaporkan sensitif dengan aditif makanan seperti monosodium glutamat (MSG), atau aspartam (pemanis buatan), zat tartrazine (pewarna kuning digunakan untuk warna minuman bersoda dan marzipan), zat Sulfit (ditemukan dalam anggur) dan juga natrium benzoat (ditemukan pada udang, margarin, minuman ringan dan permen).

5. Kunyah jahe

Dengan mengunyah jahe dapat meringankan masalah mual dan pencernaan yang cenderung untuk menyertai gejala migrain. Selain itu jahe juga dapat memblokir efek dari prostaglandin, yakni zat yang dapat menyebabkan peradangan pada pembuluh darah di otak dan memicu migrain.

6. Tingkatkan kadar serotonin

Penelitian telah menunjukkan rendahnya tingkat serotonin pada penderita migrain. Maka dari itu makanlah makanan kaya protein seperti ayam, ayam kalkun, telur, produk susu, pisang, kurma, gandum atau nasi, selain itu kacang-kacangan dan biji-bijian untuk meningkatkan kadar serotonin.

7. Minum air

Jangan sepelekan hal ini, karena dehidrasi juga dapat memicu migrain. Semua jaringan di sekitar otak terdiri dari air, jadi ketika kehilangan cairan jaringan tersebut akan menyusut, bisa menyebabkan iritasi dan nyeri. Meminum antara 1 dan 2 liter air sehari dapat mengurangi keparahan, durasi dan frekuensi serangan migrain.

8. Vitamin

5HTP digunakan untuk membuat serotonin sehingga dapat membantu untuk mengurangi kerentanan tubuh terhadap serangan migrain. Selain itu Butterbur dan Coenzyme Q10 juga diyakini membantu mencegah migrain.

9. Makan makanan kaya magnesium

Tahukah anda jika kekurangan magnesium dapat menyebabkan berkurangnya aliran darah ke otak dan juga berkurangnya gula darah, keduanya berpengaruh terhadap serangan migrain. Maka dari itu konsumsi makanan seperti sayuran hijau, tomat, kacang-kacangan, biji-bijian, gandum utuh, kentang, oat, kacang polong dan ektra khamir banyak mengandung magnesium.

10. Yoga

Senam santai yang satu ini banyak diminati karena yoga dapat membuat Anda tenang, bisa mengurangi stres serta memudahkan sakit dan nyeri. Selain itu yoga juga dapat meringankan kekakuan pada leher dan bahu sehingga mencegah kambuhnya gejala migrain.

Demikian adalah Cara Mengobati Migrain Tanpa Obat, simak juga artikel lainnya di blog ini, misalnya adalah Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat Pada Anak

0 Response to "Cara Mengobati Migrain Tanpa Obat"

Posting Komentar