Bahan Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Ibu yang menyusui membutuhkan gizi dan asupan vitamin yang berlipat ganda, karena bukan hanya dirinya saja yang membutuhkan nutrisi, namun juga si buah hati yang tengah ia susui. Maka dari itu, anda yang tengah menyandang kehormatan sebagai seorang ibu menyusui, yuk ketahui aneka macam makanan sehat yang paling cocok untuk memenuhi nutrisi anda dan si buah hati namun tak membuat badan semakin melar di bawah ini :

Ikan salmon

Memang tak ada makanan yang sempurna nilai gizi dan aneka manfaatnya, akan tetapi salmon paling mendekati. Ini adalah salah satu makanan terbaik untuk ibu menyusui, ikan salmon layaknya ikan berlemak lainnya, begitu sarat dengan jenis lemak yang disebut DHA. Nah, DHA ini sangat penting untuk perkembangan sistem saraf bayi Anda. Memang semua ASI mengandung DHA, akan tetapi tingkat nutrisi penting ini lebih tinggi terkandung di dalam ASI wanita yang mendapatkan DHA tambahan dari makanan mereka. Selain itu DHA dalam ikan salmon juga dapat membantu mood Anda, sehingga mengurangi resiko terkena baby blues. Hebat bukan?

Produk susu rendah lemak

Berbagai macam produk susu, apapun itu membuat itu menyusui sehat. Misalnya saja keju, yogurt dan sejenisnya. Karena selain menyediakan protein, vitamin B, dan vitamin D, aneka produk susu adalah salah satu sumber kalsium terbaik. Apabila Anda tengah menyusui, dengan susu yang sarat dengan kalsium bisa membantu tulang bayi Anda berkembang, sangat penting bagi Anda untuk makan kalsium yang cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda sendiri. Biasakanlah untuk menyertakan setidaknya tiga cangkir susu setiap hari sebagai bagian dari menu makanan Anda, jika anda tak begitu doyan susu maka sebaiknya menggantinya dengan produk olahan susu yang biasa terdapat di pasaran, namun pilihlah produsen yang sudah jelas BPOMnya.

Daging sapi tanpa lemak

Membutuhkan energi tambahan sebagai seorang ibu baru? coba carilah makanan kaya zat besi, misalnya saja seperti daging tanpa lemak. Karena kekurangan zat besi dapat menguras tingkat energi Anda, hal itu akan membuat anda ngedrop karena tak mampu mengimbangi kebutuhan si kecil yang sangat besar. Selain itu saat menyusi Anda perlu makan protein tambahan dan vitamin B-12. Pilihan daging sapi tanpa lemak merupakan sumber yang sangat baik untuk keduanya. Tentunya anda bisa mengolahnya menjadi berbagai macam olahan yang nikmat untuk menambah selera makan.

Kacang-kacangan

Usahakan untuk mengkonsumsi aneka kacang-kacangan, terutama yang memiliki warna gelap seperti kacang hitam dan kacang merah. Kacang dengan warna gelap ini adalah makanan untuk ibu menyusui yang sangat bermanfaat, apalagi bagi anda yang vegetarian. Tidak hanya karena mereka ini kaya akan zat besi tapi juga kaya akan protein berkualitas non-hewani, selain itu harganya juga tak akan menguras kantong, sangat hemat.
 
Bluberi

Pastikan Ibu menyusui harus mendapatkan dua atau lebih porsi buah atau jus setiap hari. Beri-berian, terutama Bluberi, sangat kaya akan antioksidan, dan ini adalah pilihan yang sangat baik untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin. Selain itu buah ini kaya akan vitamin dan mineral dan karbohidrat dalam dosis yang sehat untuk menjaga tingkat energi Anda.

Beras coklat atau beras merah

Siapa bilang ibu menyusui tak bisa menurunkan berat badan? tentu saja bisa, namun dengan cara yang aman dan tak membahayakan si kecil. Apabila Anda ingin segera menurunkan berat badan setelah melahirkan, anda diharuskanmengurangi asupan karbohidrat Anda. Akan tetapi kehilangan berat badan terlalu cepat menyebabkan Anda menghasilkan lebih sedikit ASI dan itu juga akan membuat anda menjadi lemah lesu. Maka dari itu konsumsilah jenis karbohidrat yang sehat seperti beras coklat ataupun beras merah atau roti gandum untuk menjaga tingkat energi anda.

Jeruk

Jeruk dibutuhkan oleh ibu menyusui karena membutuhkan vitamin C dosis tinggi, ibu menyusui porsinya bahkan lebih banyak daripada ibu hamil. Buah ini banyak ditemukan dimana-mana, tak kenal musim dan harganya pun bersahabat di kantong. Tak perlu melulu mengupasnya dan memakannya satu per satu, karena dengan meminum jus jeruk memberikan manfaat yang sama. Ada banyak produk jus jeruk yang dijual di supermarket sekarang bahkan telah diperkaya dengan kalsium, anda boleh memilihnya sehingga anda dapat memperoleh manfaat ganda.
 
Telur

Anda suka telur? Tahukah anda jika kuning telur adalah salah satu sumber alami vitamin D? salah satu nutrisi penting untuk menjaga tulang Anda kuat dan membantu tulang bayi Anda tumbuh. Selain karena gizinya yang wah,  telur adalah cara mudah untuk memenuhi kebutuhan protein harian Anda. Menyiapkannya pun sangatlah mudah, hanya tinggal siapkan telur dadar untuk sarapan dengan roti gandum, atau bisa juga tambahkan telur rebus pada soto anda saat makan siang.
 


Roti gandum (whole wheat bread)

Perbanyak makan roti gandum karena mengandung asam folat, kandungan asam folat sangat penting untuk perkembangan bayi Anda pada tahap awal kehamilan. Selain kegunaan yang disebutkan itu, asam folat juga sangat penting bagi bayi. ANda ibu menyusi harus memastikan dalam ASI Anda mengandung cukup asam folat. Seperti yang disebutkan tadi salah satu sumber terbaik dari asam folat adalah roti gandum, selain mengandung asam folat yang tinggi nyatanya juga dapat menyumbangkan kebutuhan serat dan zat besi Anda.
 
Sayuran berwarna hijau

Ini dia bahan makan yang ramah di kantong namun memiliki banyak manfaat, ada banyak sekali manfaat sayuran berwarna hijau seperti bayam, dalam kangkung dan brokoli. Sayuran tersebut sangat kaya dengan vitamin A, dimana zat tersebut yang perlu bayi dapatkan dari ASI. Selain itu sayuran juga merupakan sumber kalsium non susu, kaya vitamin C, mengandung zat besi, serta antioksidan dan juga rendah kalori. Cocok bagi anda yang ingin menurunkan berat badan pasca melahirkan namun ingin tetap sehat.
 
Selain bahan makanan sehat yang disebutkan di atas, jangan lupa untuk meminum cukup air. Selain menyegarkan air mineral yang sehat juga melancarkan metabolisme tubuh serta menghindarkan dehidrasi.

0 Response to "Bahan Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui"

Posting Komentar