Ciri-Ciri Keputihan Itu Seperti Apa?

Ciri-Ciri Keputihan Itu Seperti Apa? - Setiap perempuan pasti sering bertanya-tanya tentang apa itu keputihan. Apa lagi jika anda sama sekali tidak pernah bertanya pada pihak medis untuk mengetahui keputihan itu seperti apa, anda pasti dibuat was-was sendiri. Keputihan adalah cairan yang bersumber dari area kewanitaan atau dinding rahim dan ada umumnya tidak semua jenis keputihan dikategorikan normal. Keputihan itu sebenarnya normal, jadi bisa dikatakan semua wanita di seluruh dunia ini memang pernah mengalami keputihan. Namun yang patut diwaspadai adalah beberapa dari jenis keputihan bisa jadi awal dari terjadinya infeksi pada area kewanitaan anda. Karena itulah coba kenali warna keputihan anda.


Dan berikut adalah beberapa jenis keputihan yang wajib anda ketahui sebagai perempuan :

1. Berwarna Putih

Cairan keputihan yang memiliki warna putih biasanya keluar pada saat menjelang dan pasca menstruasi, tentu saja ini sangat normal namun patut anda waspadai jika pada saat cairan keluar disertai dengan gatal dan bau yang tidak sedap seperti bau anyir. Mengapa keputihan yang disertai gatal dan bau amis yang tak sedap harus diperiksakan? Karena hal ini bisa menjadi tanda-tanda infeksi jamur yang wajib diperhatikan dokter.



2. Berwarna Jernih dan Elastis

Apakah anda sering mengalami hal ini? pasti. Cairan yang berwarna jernih biasa juga akan menghampiri anda pasca menstruasi, jadi pada awalnya cairan ini berwarna pekat namun lama kelamaan menyerupai cairan ingus, cairan ini merupakan pertanda bahwa anda sedang dalam masa ovulasi. Pada masa ini anda bisa melakukan hubungan dengan suami agar sperma bisa membuahi sel telur dengan tepat.

3. Berwarna Kuning

Nah, apabila cairan keputihan berwarna kuning yang keluar dari organ kewanitaan anda patut untuk diwaspadai. Karena ini bisa saja organisme kuman tumbuh dan bersarang pada organ kewanitaan anda. Pada biasanya organisme ini masuk dalam tubuh anda melalui hubungan seksual, serta waspadai pula bahayanya bisa jadi ini merupakan gejala dari infeksi gonorhoe, klamida dan trichomonas. Adanya keputihan jenis ini disebabkan oleh bakteri jahat jenis mycoplasma hominis, bakteri gardnerella vaginalis juga tipe prevotella dan bacteroides. Kemudian faktor penyebab bakteri ini masuk dalam tubuh anda adalah : IUD, merokok,menggosok area kewanitaan terlalu kuat dan lama.

4. Berwarna Coklat

Apabila seperti ini, biasanya keputihan warna coklat terjadi karena periode haid, masa eliminasi endometrial, kehamilan di awal, menopouse atau sebagai tanda penyakit alat kelamin anda. Adanya keputihan abnormal yang bercirikan adanya penyakit yaitu di tandai dengan cairan yang dikeluarkan disertai dengan rasa nyeri pada pinggang dan bokong anda, selain itu cairan berbau tidak sedap. Keputihan berwarna coklat ini patut anda waspadai jangan-jangan ini merupakan tanda awal penyakit kanker serviks atau pelvis inflammatory disease.

5. Berwarna Abu-abu

Apabila keluar cairan keputihan anda berwarna abu-abu dengan disertai gatal, juga disertai bau tidak sedap dan bengkak kemerangan pada sekitar mulut kewanitaan anda, maka sebaiknya hal ini mendapatkan perhatian serius dari dokter karena bisa disebabkan oleh bakteri berbahaya. Keputihan yang paling parah adalah warna abu-abu dengan garis darah dan bersifat encer. Jadi kemungkinan anda sedang mengalami kanker. Selain itu adapula jiga cairan anda terinfeksi bakteri non spesifik kemungkinan gejalanya ditimbulkan kelebihan hormon estrogen.

6. Berwarna Hijau

Apabila cairan keputihan berwarna hijau jika debit dari cairan ini keluar dengan jumlah besar yang disertai dengan adanya aroma busuk dan nyeri yang berlebih pada organ kewanitaan, maka anda seharusnya patut mewaspadai hal ini bisa pertanda dari infeksi organ reproduksi. Terjadinya hal ini biasanya menjadi penyebab cairan keputihan berwarna hijau adalah adanya infeksi oleh protozoa yaitu Trichomonas vaginalis. Kemudian pada tingkatan yang parah anda akan mengalami rasa panas dan gatal di sekitar kewanitaan , serta kemungkinan ini akan disebabkan oleh Nisseria gonorrhoe atau GO.

Demikian adalah Ciri-Ciri Keputihan Itu Seperti Apa? setelah anda mengetahui ciri-ciri keputihan yang normal dan ciri-ciri keputihan yang tak normal, maka anda bisa dengan segera melihat kondisi kesehatan anda sendiri, dan bisa mengambil tindakan tepat ke medis.

Apabila anda masih mencari informasi menarik lainnya di blog ini, misalnya adalah Makanan-Makanan Untuk Diet. Semoga bisa memberikan manfaat khusus untuk anda. Terima kasih.

0 Response to "Ciri-Ciri Keputihan Itu Seperti Apa?"

Posting Komentar