Pantangan Radang Tenggorokan Yang Harus Diketahui

Bagi anda yang terkena radang tenggorokan, pasti membutuhkan informasi lengkap mengenai pantangan radang tenggorokan agar radang yang diderita tidak semakin parah. Penyakit Tenggorokan adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi dibagian tenggorokan (Faring) dan menjadi radang. Menurut penelitian hampir 80% Radang Tenggorokan disebabkan oleh virus, serta dapat menyebabkan demam dan 20% lainnya disebabkan oleh bakteri, alergi, dan rokok. Terjadinya penyakit ini ditandai dengan nyeri di tenggorokan dan pada beberapa orang bisa sampai demam. Beberapa gejala penyakit radang tenggorokan pada manusia biasanya, seperti  di bawah ini :

- rasa pedih atau gatal dan kering
- batuk dan bersin
- sedikit demam atau tanpa demam
- suara serak atau parau
- hidung meler dan adanya cairan di belakang hidung
- penyebab penyakit radang tenggorokan
- Virus, (80 % sakit tenggorokan disebabkan oleh virus) dapat menyebabkan demam
- Batuk dan pilek. Dimana batuk dan lendir (ingus) dapat membuat tenggorokan teriritasi
- Virus coxsackie (hand, foot, and mouth disease)
- Alergi. Alergi dapat menyebabkan iritasi tenggorokan ringan yang bersifat kronis (menetap) - Bakteri streptokokus, dipastikan dengan Kultur tenggorok
- Merokok Infeksi oleh bakteri lebih parah dibandingkan infeksi oleh virus. Seperti biasanya orang yang terkena penyakit tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri kemungkinan telah tertular 2-7 hari sebelumnya.



Sebelum melakukan pengobatan radang tenggorokan, ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari dan tidak boleh dikonsumsi oleh penderita radang tenggorokan. Diantaranya adalah seperti di bawah ini :

    Menghindari makanan yang asam, karena makanan asam jika di konsumsi dapat menimbulkan rasa perih
    Gorengan
    Semua produk susu termasuk Yogurt
    Makanan pedas
    Junkfood atau aneka fastfood
    minuman ringan atau yang bersoda
    Makanan dengan tekstur yang kasar
    Minuman dan makanan yang mengandung alkohol
    Makanan dan minuman yang mengandung kafein

Selain pantangan makanan untuk penderita radang tenggorokan, kemudian dibawah ini ada beberapa jenis makanan yang di perbolehkan untuk dikonsumsi oleh penderita radang tenggorokan. Jenis-jenis makanannya antara lain adalah :

    Pisang
    Telur
    Sup ayam
    Wortel rebus
    Pasta gandum dan
    Teh jahe atau teh madu

Demikian adalah Pantangan Radang Tenggorokan Yang Harus Diketahui, simak juga artikel lainnya di blog ini. Terima kasih. Jangan lupa untuk menjalankan Cara Hidup Sehat agar selalu sehat.

0 Response to "Pantangan Radang Tenggorokan Yang Harus Diketahui"

Posting Komentar