Nama Obat Radang Tenggorokan Yang Bisa Dibeli Di Apotek

Kondisi tubuh yang tak fit, disertai dengan cara hidup sehat yang tak dijalankan dengan baik alias penganut gaya hidup praktis yang serba instan, aneka macam penyakit akan dengan mudah menyerang tubuh anda. Berbagai macam penyakit, baik itu yang enteng-enteng seperti sakit flu, batuk pilek, meriang dan masuk angin, hingga aneka macam penyakit yang parah seperti sakit tifus, maag kronis dan parahnya lagi semua bisa komplikasi dan menjadi penyakit parah yang sulit disembuhkan seperti tumor dan kanker, semua itu bisa bersarang di dalam tubuh anda apabila anda tidak baik-baik menjaga kesehatan tubuh.

Salah satu penyakit yang berada di level tengah, alias antara parah dan masih bisa dihandle dengan obat rumahan adalah Radang Tenggorokan. Sakit tenggorokan atau menurut istilah medisnya disebut dengan faringitis ini terjadi karena infeksi bakteri atau virus seperti dalam kasus pilek. Berdasarkan penelitian, kekebalan terhadap sakit tenggorokan baru terbentuk pada usia dewasa sehingga penyakit ini umumnya lebih banyak menyerang anak kecil dan remaja. Penyakit ini selain sakit saat menelan, juga sakit tenggorokan juga dapat disertai gejala berikut :

Sakit kepala
Kelenjar yang membesar pada leher
Tonsil/amandel yang bengkak akibat radang
Nyeri otot
Batuk
Hidung beringus 

Beberapa cara mengurangi gejala radang tenggorokan bisa anda coba sendiri di rumah, dan meskipun dapat sembuh tanpa obat-obatan, namun ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala, misalnya seperti di bawah ini :


  • Hindari merokok. Jika anda perokok, maka hentikan kebiasaan merokok anda dan juga hindari lingkungan penuh asap.
  • Remaja dan orang dewasa dapat mengisap permen pereda tenggorokan. Permen dengan kandungan mint itu biasanya ada di supermarket atau di apotek terdekat
  • Hindari iritasi tenggorokan dengan tidak mengonsumsi minuman atau makanan yang terlalu panas. Jangan meminum kopi atau teh atau minuman apapun yang terlalu panas, bahkan teh madu dan teh chamomile yang bisa menyembuhkan radang tenggorokan pun tak boleh anda minum dalam keadaan yang masih panas, diamkan sejenak sampai hangat kuku
  • Berkumur dengan air garam hangat untuk mengurangi radang tenggorokan. Anda hanya perlu mencampurkan setengah sendok garam dengan setengah gelas air hangat, lalu gunakan untuk berkumur-kumur dan tahan beberapa saat di tenggorokan sebelum anda buang. Cara ini juga ampuh untuk mengembalikan suara yang serak karena radang tenggorokan
  • Minum cukup air, terutama jika Anda sedang demam. Minum banyak air putih saat demam tinggi bisa membantu menurunkan suhu tubuh, dan salah satu ciri suhu tubuh anda menurun adalah anda akan sering buang air kecil




Lantas bagaimana jika cara mengurangi gejala radang tenggorokan tidak ampuh? maka anda butuh nama obat radang tenggorokan di apotik, berikut adalah daftar obat batuk radang tenggorokan dan daftar obat yang aman untuk radang tenggorokan yang bisa anda dapatkan di apotek terdekat :

- Degirol (Darya-Varia Laboratoria)

Tiap tablet hisap mengandung Dequalinium chloride 0,25 mg. Bahan aktif ini merupakan suatu bahan anti-bakteri dan antijamur yang efektif untuk membunuh berbagai bakteri gram positif dan negatif, Borelia vincenti, Candida albicans dan bakteri yang resisten terhadap antibiotika.

Aturan pakai : satu tablet dibiarkan melarut perlahan-lahan di dalam mulut. Ulangi setiap 3-4 jam, atau sesuai dengan petunjuk dokter. Tapi ingat, jangan melebihi 8 tablet sehari.

- FG Troches (Meiji Indonesia)

Isinya antibiotik yaitu Fradiomisin dan Gramisidin. Pemakaiannya memang lebih ketat, namun lebih manjur. 

DOSIS DAN CARA PEMBERIAN
Dosis FG Troches pada umumnya adalah :
Dosis dewasa : 1 – 2 tablet hisap, 4 – 5 kali sehari.
Dosis anak : 1 tablet hisap, 4 – 5 kali sehari.
Tablet dihisap di dalam mulut sampai habis (seperti makan permen).

- Strepsils (Reckitt Benckisser Healthcare Mfg., Thailand)

Berbeda dengan yang lain yang merupakan kategori obat, yang satu ini merupakan permen atau biasa juga disebut dengan kembang gula. Strepsils mengandung zat yang dapat membantu melegakan mulut dan tenggorokan. Dapat digunakan oleh anak-anak maupun dewasa. Satu butir Strepsils dibiarkan melarut perlahan-lahan dalam mulut. 

Demikian adalah nama obat yang bisa menyembuhkan radang tenggorokan, apabila anda ke dokter bisa juga diberi beberapa jenis obat generik radang tenggorokan. Asal diminum sesuai dengan saran dokter, maka radang tenggorokan anda pasti akan cepat sembuh.

0 Response to "Nama Obat Radang Tenggorokan Yang Bisa Dibeli Di Apotek"

Posting Komentar